Rabu, 25 Maret 2009

"Menyembunyikan File ke dalam gambar"

Anda pasti pernah mempunyai sebuah file rahasia yang ingin anda simpan ke dalam sebuah program proteksi, program proteksi ini sangan mudah anda dapatkan di dunia internet, namun begitu banyak cara untuk menembus proteksi tersebut.waduh untuk apa sebuah proteksi tersebut, nah kali ini saya akan memberikan bagaimana cara menyembunyikan file ke dalam gambar, mungkin anda sudah pada tau ya, ini cuma buat yang belum tau aja.
tidak usah panjang lebar langsung aja.
pertama anda harus punya:
Komputer anda harus sudah terinstall winrar
Sebuah Gambar
File Rahasia
jika sudah punya mari kita lanjutkan ke tahap ke dua

2. Settinglah windows anda terlebih dahulu agar ekstensi filenya tampil.pada jendela folder anda masuk ke folder option >> tab view




3. hilangkan tanda centang pada opsi “Hide extensions for known file types”
Persiapkan File rahasia anda (Extensi file terserah). misalnya memiliki nama sebuah file Contoh.exe dan sebuah file gambar (*.bmp, *.jpg, *gif), misalnya dengan nama Sunset.jpg.

4. Klik kanan pada file Conotoh.exe lalu pilih menu (add to "Contoh.rar"). maka akan tercipta file baru bernama Contoh.rar


Sekarang bukalah aplikasi NOTEPAD (start -> Run ketik NOTEPAD) lalu ketik script berikut:


@echo off
ren Contoh.rar Contoh.exe.rar
copy /b Sunset.jpg+Contoh.exe.rar hasil.gif
del Contoh.exe
del Contoh.exe.rar
del Sunset.jpg
del hide.bat

Ingat!! Sesuaikan nama-nama file pada script diatas dengan nama file anda (kecuali hide.bat). Perhatikan juga pada baris berikut:
ren Contoh.rar Contoh.exe.rar
--Format penulisan: ren Contoh.rar namafileanda.ekstensisebelumnya.rar
Jadi, jika misalnya file anda sebelumnya adalah rahasia.exe dan setelah di rar
menjadi rahasia.rar, maka penulisannya adalah:
ren raahsia.rar rahasia.exe.rar

Perhatikan juga pada nama file hasil.jpg. Ubahlah hasil.jpg menjadi hasil.ekstensi_file_gambar_anda. Jadi, misalnya file gambar yang anda pergunakan untuk menyembunyikan file rahasia nantinya adalah Sunset.jpg, maka ubahlah hasil.jpg menjadi hasil.gif

Simpanlah file ini pada lokasi yang sama dengan file-file anda tadi. Klik [File] [Save] lalu pada form isian File name ketik hide.bat Sedangkan pada Save as type pilih ‘All files’. Klik [Save] sesudahnya.


5. Tutup semua jendela program yang tebuka. Sekarang bukalah folder tempat anda menyimpan semua file-file tadi. Dobel klik pada file hide.bat. Tunggu hingga sekelebat bayangan windows command processor tampil. Jika berhasil, semua file pada folder tersebut akan hilang digantikan dengan sebuah file baru bernama hasil.gif


coba anda buka file hasil.gif, kalau di lihat sekilas tidak ada yang beda dengan file Sunset.jpg kecuali ukuran filenya yang bertambah besar. Anda tetap bisa membuka file tersebut dengan Picture Editor atau Image Viewer kesayangan anda. Tidak ada tanda-tanda bahwa sebenarnya ada rahasia besar didalamnya hehehe..

waduh !! dimana file rahasianya ?? tenang angan panik!! Klik kanan pada file hasil.jpg lalu pilihlah [Open With] --> [Choose Program..]. Pilihlah WinRar lalu klik [OK].


Nah, file rahasia anda akan tampil di hadapan anda. Anda bisa meng extract file tersebut sebagaimana anda meng extract file rar pada umumnya.

Disinilah sebenarnya inti dari persembunyian kita. Coba anda pikirkan, dalam kondisi wajar, adakah orang yang membuka file gambar dengan aplikasi file compressor?? Pernahkah terlintas dalam pikiran anda akan membuka gambar-gambar pemandangan dengan menggunakan WinRar?? Tentu tidak bukan?? Tentunya orang pada lazimnya akan membuka file gambar dengan aplikasi olah gambar atau image viewer. Nah, dengan memanfaatkan psikologi ini maka setidaknya file anda akan tersembunyi dengan aman ;) Kini anda bisa mengirimkan file rahasia tersebut kepada orang yang anda maksud dengan tenang. Tentunya jangan lupa untuk memberitahu rekan anda tersebut mengenai cara membukanya ;)

1 komentar:

  1. jangan lupa kunjungi blog aq...

    disini terdapat berbagai macam tips blog dan photoshop....

    jangan lupa y????

    BalasHapus